Selasa, 16 Desember 2014

Go Green (Ayo Selamatkan Bumi Kita)

Sumber : http://kabarkampus.com/2014/04/selamatkan-bumi-dimulai-dari-aksi-aksi-kecil/

       Aksi Go Green
Bumi adalah tempat tinggal banyak makhluk hidup. Banyak makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan menggantungkan hidupnya pada bumi. Air, tanah, udara, dan semua yang ada di bumi merupakan ciptaan Tuhan yang pada kenyataannya sangat di butuhkan. Alam yang hijau, bersih, dan membuat damai jiwa adalah harapan dari para penghuni bumi terutama manusia. Namun, pada kenyataannya pada saat ini kualitas bumi dan alam semesta ini semakin menurun dan memburuk. Global warming, menipisnya lapisan ozon, dan sampah yang semakin banyak merupakan beberapa contoh kerusakan alam yang serius. Selain itu, seperti yang kita ketahui banyak sumber daya alam di bumi bersifat terbatas dan tidak dapat di perbaharui. Kita semua sadar, dengan mengkonsumsi sumber daya alam secara berlebihan akan menyebabkan kerugian untuk generas-generasi penerus yang akan datang.

 Apakah kita mau hidup di bumi yang penuh dengan masalah alam? Bagaimana cara kita mengatasi masalah-masalah alam untuk menyelamatkan bumi? Salah satu langkah kecil yang dapat kita lakukan adalah melakukan aksi go green. Go green adalah salah satu tindakan penyelamatan bumi dengan tujuan utama menghijaukan kembali lingkungan. Program go green yang sudah banyak di kenal adalah konsep 3R ( Reduce, reuse, dan replace).


Reduce adalah konsep pertama dengan cara mengupayakan pengurangan barang-barang yang biasa kita gunakan. Biasanya untuk meminimalisir bertambahnya sampah-sampah yang akan merusak lingkungan dan membuat alam menjadi tidak nyaman. Contoh nyatanya dengan menghemat penggunaan tisu dan kertas. Kita bisa menggunakan, serbet untuk pengganti tisu dan menggunakan kembali kertas-kertas sisa yang masih menyisakan ruang-ruang kosong.

Reuse adalah konsep kedua ini merupakan upaya untuk menggunakan kembali barang-barang yang fungsinya tidak sekali pakai. Seperti dengan penggunaan plastik yang berkali-kali. Karena plastik mempunyai sifat yang tidak mudah terurai dalam tanah sehingga akan merusak bumi kita.

Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.Contohnya seperti pendauran ulang sampah-sampah yang mudah terurai seperti kertas yang diolah lagi menjadi kertas atau karton, sampah organik menjadi kompos, sampah non organik menjadi barang yang bermanfaat.

 Jadi, seperti yang sudah di bahas. Sebenarnya banyak sekali aksi-aksi kecil yang dapat berpengaruh besar pada bumi. Sekarang, semua itu bergantung pada kemauan kita untuk memperbaiki lingkungan dan menghemat sumber daya alam yang terbatas untuk generasi penerus selanjutnya. Kesadaran diri kita adalah langkah awal yang akan membawa diri kita untuk sadar betapa pentingnya bumi ini.

Bayangkan jika bumi kita tidak di jaga dan tidak di lestarikan, apa yang akan terjadi? Jaga dan lestarikan selalu bumi kita dengan baik. Mulailah peduli dengan melakukan hal-hal kecil yang berpengaruh besar untuk kelangsungan hidup makhluk hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar